Secara bahasa kata "Tajwid" berarti "Tahsin" yang artinya memperbaiki, sedangkan menurut istilah adalah:

هُوَ إِخْرَاجُ كُلِّ حَرْفٍ مِنْ  مَخْرجِهِ مَعَ  إِعْطَائِهِ حَقَّهُ وَمُسْتَحَقَّهُ

 "Mengeluarkan setiap huruf dari makhrojnya, serta memberi hak dan mustahaqnya”. Dari pengertian ini ada 3 garapan utama dalam ilmu tajwid, yaitu:

Ø  Makhroj Huruf

Makhroj huruf artinya tempat keluar huruf. Semua huruf hijaiyah mempunyai tempat keluar ketika dilafalkan.

Ø  Haq Huruf

Yang dimaksud haq huruf adalah sifat yang melekat pada huruf tersebut seperti jahr, hams, istifal, dll.

Ø  Mustahaq Huruf

Mustahaq huruf yaitu sifat yang sewaktu-waktu timbul oleh sebab-sebab tertentu, seperti idhhar, ikhfa, iqlab, idgham, tafkhim, tarqiq, mad, waqaf, dll.



Ruang lingkup pembahasan ilmu tajwid adalah sebagai berikut:

1.      Makhroj huruf

Makhroj huruf ialah suatu nama tempat yang mana pada tempat itu huruf hijaiyah dilafalkan. Setiap huruf hijaiyah harus dilafalkan sesuai dengan makhrojnya. Kesalahan dalam pengucapan huruf hijaiyah akan menimbulkan perbedaan makna. Apalagi huruf hijaiyah banyak yang mirip dan berdekatan dalam pengucapannya dan berbeda dengan karakeristik lidah orang Indonesia ataupun Melayu.

2.      Sifat huruf

Yang dimaksud sifat huruf di sini adalah sesuatu yang datang ketika huruf diucapakan dari makhrojnya.

3.      Ahkamul huruf

Membahas hubungan antar huruf seperti ketika alif lam ta’rif menghadapi huruf hijaiyah, maka ada yang dibaca idzhar ada pula yang diidghomkan.

4.      Mad dan qoshr

Membahas hukum memanjangkan dan memendekkan bacaan. Ketika membaca Al-Qur’an ada kaidah mad yang harus dibaca panjang mulai 2 harkat sampai 6 harkat.

5.      Waqof dan ibtida’

Artinya menghentikan dan memulai bacaan. Salah satu aturan ketika membaca Al-Qur’an adalah tidak boleh mengambil nafas di tengah bacaan. Apabila sudah habis nafas, maka harus berhenti pula bacaannya, tapi tidak boleh disembarangan kata untuk berhenti. Untuk itu, kita harus mengetahui cara berhenti dan memulai bacaan.

6.      Rosm Utsmani

Rosm bisa diartikan atsar/bekas, khat/ penulisan atau metode penulisan. Rosm Utsmani atau disebut juga rosmul Qur'an adalah tata cara penulisan Al-Qur'an berdasarkan kaidah tertentu yang tetapkan pada masa Kholifah Utsman bin Affan.

TAJWID DAN RUANG LINGKUP PEMBAHASAN

Posted on

Friday, March 2, 2018