MATRIK  PEMILIHAN JENIS TAGIHAN DAN BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN

Penjabaran Indikator ke dalam Instrumen Penilaian. Indikator dijabarkan lebih lanjut ke dalam instrumen penilaian yang meliputi jenis tagihan, dan bentuk instrumen. Setiap indikator dapat dikembangkan menjadi 3 instrumen penilaian atau lebih yang meliputi ranah kognitif, psikomotor, dan afektif.
Jenis tagihan yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut:
1.    Kuis. Bentuknya berupa isian singkat dan menanyakan hal-hal yang prinsip. Biasanya dilakukan sebelum pelajaran dimulai, kurang lebih 5 -10 menit. Kuis dilakukan untuk mengetahui penguasaan pelajaran oleh siswa. Tingkat berpikir yang terlibat adalah pengetahuan dan pemahaman.
2.    Pertanyaan Lisan. Materi yang ditanyakan berupa pemahaman terhadap konsep, prinsip, atau teorema. Tingkat berpikir yang terlibat adalah pengetahuan dan pemahaman.
3.    Ulangan Harian. Ulangan harian dilakukan secara periodik di akhir pembelajaran satu atau dua kompetensi dasar. Tingkat berpikir yang terlibat sebaiknya mencakup pemahaman, aplikasi, dan analisis.
4.    Ulangan Blok. Ulangan Blok adalah ujian yang dilakukan dengan cara menggabungkan beberapa kompetensi dasar dalam satu waktu. Tingkat berpikir yang terlibat mulai dari pemahaman sampai dengan evaluasi.
5.    Tugas Individu. Tugas individu dapat diberikan pada waktu-waktu tertentu dalam bentuk pembuatan klipping, makalah, dan yang sejenisnya. Tingkat berpikir yang terlibat sebaiknya aplikasi, analisis, sampai sintesis dan evaluasi.
6.    Tugas Kelompok. Tugas kelompok digunakan untuk menilai kompetensi kerja kelompok. Bentuk instrumen yang digunakan salah satunya adalah uraian bebas dengan tingkat berpikir tinggi yaitu aplikasi sampai evaluasi.
7.    Responsi atau Ujian Praktik. Bentuk ini dipakai untuk mata pelajaran yang ada kegiatan praktikumnya. Ujian responsi bisa dilakukan di awal praktik atau setelah melakukan praktik. Ujian yang dilakukan sebelum praktik bertujuan untuk mengetahui kesiapan peserta didik melakukan  praktik di laboratorium atau tempat lain, sedangkan ujian yang dilakukan setelah praktik, tujuannya untuk mengetahui  kompetensi dasar praktik yang telah dicapai peserta didik dan yang belum.  
8.    Laporan Kerja Praktik.  Bentuk ini dipakai untuk mata pelajaran yang ada kegiatan praktikumnya. Peserta didik bisa diminta untuk mengamati suatu gejala dan melaporkannya.

Bentuk instrumen dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu tes dan nontes. Bentuk instrumen tes meliputi: pilihan ganda, uraian objektif, uraian non-objektif, jawaban singkat, menjodohkan, benar-salah, unjuk kerja (performans) dan portofolio, sedangkan bentuk instrumen nontes meliputi: wawancara, inventori, dan pengamatan. Para guru diharapkan menggunakan instrumen yang bervariasi agar diperoleh data tentang pencapaian belajar siswa yang akurat dalam semua ranah.
Beberapa bentuk instrumen tes yang dapat digunakan, antara lain:
1.    Pilihan Ganda. Bentuk ini bisa mencakup banyak materi pelajaran, penskorannya objektif, dan bisa dikoreksi dengan mudah. Tingkat berpikir yang terlibat bisa dari tingkat pengetahuan sampai tingkat sintesis dan analisis.
2.    Uraian Objektif. Jawaban uraian objektif sudah pasti. Uraian objektif lebih tepat digunakan untuk bidang Ilmu Alam. Agar hasil penskorannya objektif, diperlukan pedoman penskoran. Hasil penilaian terhadap suatu lembar jawaban akan sama walaupun diperiksa oleh orang yang berbeda. Tingkat berpikir yang diukur bisa sampai pada tingkat yang tinggi.
3.    Uraian Non-objektif/Uraian Bebas. Uraian bebas dicirikan dengan adanya jawaban yang bebas. Namun demikian, sebaiknya dibuatkan kriteria penskoran yang jelas agar penilaiannya objektif. Tingkat berpikir yang diukur bisa tinggi.
4.    Jawaban Singkat atau Isian Singkat. Bentuk ini digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa. Materi yang diuji bisa banyak, namun tingkat berpikir yang diukur cenderung rendah.
5.    Menjodohkan. Bentuk ini cocok untuk mengetahui pemahaman atas fakta dan konsep. Cakupan materi bisa banyak, namun tingkat berpikir yang terlibat cenderung rendah.
6.    Performans. Bentuk ini cocok untuk mengukur kompetensi siswa dalam melakukan tugas tertentu, seperti praktik pengukuran tanah atau membuat peta.
7.    Portofolio. Bentuk ini cocok untuk mengetahui perkembangan unjuk kerja siswa, dengan menilai kumpulan karya-karya dan tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa. Karya-karya ini dipilih dan kemudian dinilai, sehingga dapat dilihat perkembangan kemampuan siswa.

TABEL PEMILIHAN JENIS TAGIHAN DAN BENTUK INSTRUMEN




NO   


JENIS TAGIHAN     BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN      
        Pilihan Ganda    Uraian Objektif    Uraian Non-objektif/
Uraian Bebas    Jawaban Singkat atau Isian Singkat    Menjodohkan.    Performans.    Portofolio.      
1.        Kuis                                  
2.        Pertanyaan Lisan                                   
3.        Ulangan Harian                                  
4.        Ulangan Blok                                  
5.        Tugas Individu                                  
6.        Tugas Kelompok                                  
7.        Responsi atau Ujian Praktik                                  
8.        Laporan Kerja Praktik                               



                                      
PENILAIAN       
TES
       
TES LISAN
                      
                                      
                                      
                                      
                                      
                                ·    PILIHAN GANDA
·    JAWABAN SINGKAT (ISIAN SINGKAT)
·    BENAR-SALAH
·    MENJODOHKAN      
                                      
               
TERTULIS        TES OBYEKTIF              
                                      
                                      
                                      
                                      
                        TES URAIAN        ·    URAIAN OBYEKTIF
·    URAIAN NON-OBYEKTIF       
                                      
                                      
                                      
                TES PERBUATAN                 ·    KINERJA (PERFORMANCE)
·    PENUGASAN (PROJEK)
·    HASIL KARYA (PRODUK)      
                                      
                                      
                                      
                                      
                                ·    PENILAIAN SIKAP, MINAT, MOTIVASI
·    PENILAIAN DIRI
·    PORTOFOLIO
      
        NON-TES                              
                                      
                                      
                ,                      
                                   

MATRIK PEMILIHAN JENIS TAGIHAN DAN BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN

Posted on

Wednesday, November 21, 2012