Menurut bahasa, Islam berasal dari bahasa arab yang memiliki banyak arti, yaitu :
  1. Menundukkan wajah ke hadirat Allah (Islaamul Wajhi).
Menundukkan wajahnya di hadapan Allah SWT, karena rasa hormatnya kepada Allah SWT.
  1. Berserah diri kepada Allah (istislaam).
Berserah diri kepada Allah SWT, apapun yang akan di perbuat Allah kepada dirinya, ia akan pasrah, menyerah dan ridho. Dan ia juga mengikuti aturan – aturan Allah SWT.
  1. Kesucian dan Kebersihan (as-salaamah).
Bersih badan, pakaian, pikiran dan hatinya. Kebersihan ini merupakan kekhasan islam, sehingga Bab Thaharah (Berssuci) menjadi yang pertama dalam Fiqh.
  1. Keselamatan dan Kesejahteraan (as-salaam).
Seorang muslim selalu memberikan keselamatan dan kesejahteraan bagi orang lain. Rasulullah SAW mendorong umatnya agar menebarkan salam kepada orang lain yang dikenal dan yang tidak dikenal. Salam juga ucapan penghuni surga dan ucapan dari Allah SWT.
  1. Perdamaian (as-silmu).
Islam adalah agama damai bukan agama kekerasan. Jadi sudah sepantasnya kita sebagai seorang muslim menebarkan kedamaian di muka bumi.
Islam adalah agama yang di ridhoi oleh Allah SWT. Dan siapa yang mencari agama lain akan ditolak di akhirat dan rugi.

Hakikat Islam
  1. الخضوع
Islam adalah agama yang menekankan ketundukan manusia pada sang pencipta. Seorang muslim adalah orang yang tunduk pada perintah dan larangan Allah SWT agar menjadi orang yang bertaqwa.
  1. وحي إلهي
Islam adalah satu-satunya agama yang berasal dari wahyu Allah SWT. Tak mungkin Allah menetapkan lebih dari satu agama yang perbedaannya jauh sekali dan bertentangan ajaran-ajarannya.
  1. دين الأنبياء والمرسلين
Islam adalah agama para Nabi dan Rasul. Semua Nabi dan Rasul membawa agama yang sama dan satu yaitu, Islam.
  1. أحكا م الله
Islam adalah minhajul hayah (pedoman hidup) yang berisi hukum-hukum Allah. Karena itu, Allah menekankan sekali agar berhukum dengan apa yang telah Allah turunkan.
  1. الصراط المستقيم
Islam adalah jalan yang lurus (shiratul mustaqim), jalan yang selamat sampai surga.
  1. سلامةالدنياوالآخرة
Islam adalah agama yang menjamin pemeluknya akan selamat dan sejahtera di dunia dan di akhirat. Orang yang beragama selain islam akan tertolak amalnya atau dijadikan debu, hidupnya sempit meski bergelimang harta. Dan setiap muslim yang mengucapkan syahadat dan tidak syirik akan masuk surga meskipun dia mencuri dan berbuat zina, meskipun harus lewat neraka untuk menghapus dosa-dosanya (na’udzu billah min dzalik).
  1. الإسلام يعلو ولايعلى عليه
Islam adalah agama yang tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi dari islam.

About "الإسلام"

Posted on

Friday, February 16, 2018