الفصل الأول
أساس اٌت البحث / Pendahuluan
مقدمة / Latar Belakang
Disini peneliti menjelaskan apa yang hendak ia teliti dalam skripsinya, kenapa itu ia teliti, dan bagaimana ia menelitinya.
أسئلة البحث / Rumusan Masalah
Disini Peneliti menjabarkan masalah-masalah pokok yang akan ia teliti dalam skripsinya. Masalah-masalah tersebut dijabarkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang akan ia jawab dalam penelitian skripsinya. Untuk contoh skripsi dengan judul “unsur-unsur intrinsik dalam novel Aulad Haratina karya Naguib Mahfoudz” , rumusan masalahnya bias seperti berikut:
أ. ما ه الشخص اٌت أو الأبطال ف روا ةٌ أولاد حارتنا لنج بٌ محفوظ؟
ب . ما ه الرسالة ف روا ةٌ أولاد حارتنا لنج بٌ محفوظ؟
ت . ما ه .ً......
3. أهداف البحث / Tujuan penelitian
Disini peneliti menyebutkan tujuan-tujuan yang hendak ia capai dalam penelitiannya. Tujuan-tujuan tersebut harus sejalan dengan rumusan masalah (أسئلة البحث ).
أ. لمعرفة.............
أهم ةٌ البحث / Manfaat Penelitian
Disini peneliti menyebutkan manfaat atau kegunaan baik praktis maupun konseptual dari penelitian skripsinya.
توض حٌ المصطلحات / Penjelasan judul
Disini peneliti menjelaskan secara terminologis (اصطلاحا ) kata-kata yang ada dalam redaksi judul skripsinya.
حدود البحث / Ruang lingkup penelitian
Disini peneliti menentukan batasan atau ruang lingkup yang jelas untuk judul yang ditelitinya, baik dari segi tema, tempat atau waktu.
تٌحدد البحث ف روا ةٌ أولاد حارتتنا لنج بٌ محفوظ على العناصر الداخل ةٌ وه :ً................
الدراسات السابقة / Tinjauan Pustaka
Disini peneliti melakukan dua hal: (1). mencantumkan skripsi-skripsi terdahulu yang memiliki kesamaan judul dengan penelitian yang akan dia lakukan. (2). Menjelaskan perbedaan antara skripsi-skripsi tersebut dengan penelitian yang akan ia lakukan, terutama dari segi inti
pembahasan dan metodologi yang dipakai.
ف مٌا لٌ البحوث الت تناولت مثل هذا الموضوع:
أ. بحث.....
ب . بحث....
ت . بحث....
وبعد أن لاحظ الباحث تلك البحوث وقارنها بهذا البحث وجد أن بحثه هذا خٌتلف جوهر اٌ عن تلك البحوث السابقة ح ثٌ أنه
تٌناول روا ةٌ أولاد حارتنا لنج بٌ محفوظ من ناح ةٌ العناصر الداخل ةٌ ف ح نٌ أن البحوث السابقة تتناولها من ناح ةٌ العناصر
الخارج ةٌ.
8. ه كٌل البحث / Outline Penelitian
Disini peneliti menyusun secara lengkap dan sistimatis keseluruhan isi penelitian skripsinya. Outline ini hanya dicantumkan dalam proposal skripsi, adapun setelah skripsi jadi outline tersebut dihilangkan karena sudah terwakili oleh Daftar Isi  محتو اٌت


الفصل الثانًي
الإطار النظري / Kerangka Teoritis
1. Pada bab II ini peneliti mengupas selengkap mungkin teori-teori yang berhubungan dengan penelitian skripsinya.
2. Teori-teori yang dibahas di bab II tentu saja harus sesuai dengan judul serta ruang lingkup penelitian yang akan dilakukan. Misalnya, jika judulnya adalah: “ العناصر الداخل ةٌ ف روا ةٌ أولاد حارتنا
لنج بٌ محفوظ ” (unsur-unsur intrinsik dalam novel Aulad Haratina karya Naguib Mahfoudz), maka teori yang harus dikupas adalah: (1) tentang Naguib Mahfoudz, (2) tentang novel Aulad Haratina, dan (3) tentang Unsur-unsur intrinsic dalam karya sastra.

الفصل الثالث
منهج ةٌ البحث / Metodologi Penelitian
Pada bab III ini peneliti menjelaskan seluruh aspek metodologi yang ia pakai dalam penelitian skripsinya. Aspek-aspek metodologi tersebut antara lain adalah:
1. Pendekatan dan jenis penelitian / مدخل البحث ونوعه
Disini peneliti menjelaskan pendekatan yang ia pakai dalam penelitian skripsinya, apakah kualitatif/ مدخل ك فٌ atau kuantitatif/مدخل كمًّ , sesuai kriteria yang ada dalam buku-buku penelitian. Selain itu disini peneliti juga menentukan jenis penelitian yang dipakainya, misalnya: deskriptif/وصفً , analisis sastra/تحل لٌ أدبً , analisis isi/ تحل لٌ النص , analisis kontrastif/تحل لٌ تقابلً , dll.
2. Data dan Sumber Data / ب اٌنات البحث ومصادرها
Disini peneliti menjelaskan dua hal: (1) bentuk atau jenis data dalam penelitiannya dan (2) dari mana sumber data tersebut. Misalnya, untuk contoh skripsi dengan judul “unsur-unsur intrinsik dalam novel Aulad Haratina karya Naguib Mahfoudz” maka bentuk atau jenis datanya adalah kata-kata, kalimat-kalimat, atau teks yang menunjukkan unsur-unsur intrinsic dalam novel Aulad Haratina. Adapun sumber datanya adalah Novel “Aulad Haratina karya Naguib Mahfoudz” itu sendiri. Untuk menjelaskan itu peneliti bisa memakai redaksi berikut:
)أما ب اٌنات هذا البحث فه الكلمات أو الجمل أو النصوص الت تدل على العناصر الداخل ةٌ ف روا ةٌ أولاد حارتنا. وأما
مصدر هذه الب اٌنات فهو روا ةٌ "أولاد حارتنا" لنج بٌ محفوظ(
3. Instrumen Pengumpulan Data / أدوات جمع الب اٌنات
Disini penulis menjelaskan instrument atau alat yang ia pakai dalam mengumpulkan data-data penelitiannya. Umumnya, instrument yang dipakai dalam penelitian bahasa atau sastra adalah human instrument/ أدوات بشر ةٌ yakni peneliti itu sendiri. Misalnya, untuk contoh skripsi dengan judul “unsur-unsur intrinsik dalam novel Aulad Haratina karya Naguib Mahfoudz” maka instrument yang dipakai adalah human instrument atau peneliti sendiri. Untuk menjelaskan itu peneliti bisa memakai redaksi berikut:
)أما أدوات جمع الب اٌنات ف هذا البحث فه الأدوات البشر ةٌ أي الباحث ذاته(
4. Teknik Pengumpulan Data / طر قٌة جمع الب اٌنات
Pada tahap ini peneliti menjelaskan langkah-langkah yang ia lakukan dalam proses pengumpulan data. Umumnya penelitian tentang karya sastra menggunakan teknik dokumentasi/ طر قٌة الوثائق , yakni peneliti membaca sumber data dengan teliti dan berulang-ulang sehingga menemukan data yang diinginkan. Data yang terkumpul kemudian dikelompokkan sesuai dengan aspek-aspek yang ingin diteliti.
Misalnya, untuk contoh skripsi dengan judul “unsur-unsur intrinsik dalam novel Aulad Haratina karya Naguib Mahfoudz” maka langkah pengumpulan datanya adalah: (1) membaca berulang-ulang novel aulad haratina sampai terkumpul data-data yang diperlukan, (2) mengelompokkan data-data tersebut dalam beberapa unsur intrinsic seperti: tokoh, alur, pesan, dsb….
)أما طر قٌة جمع الب اٌنات ف هذا البحث فه طر قٌة الوثائق، وه أن قٌرأ الباحث روا ةٌ أولاد حارتنا عدة مرات
ل سٌتخرج منها الب اٌنات الت رٌ دٌها، ثم قٌسم تلك الب اٌنات و صٌنفها حسب العناصر المراد تحل لٌها لتكون هناك ب اٌنات عن
الشخص اٌت وب اٌنات عن الراسالة،... وهكذا.(
5. Analisis Data / تحل لٌ الب اٌنات
Pada tahap ini peneliti menjelaskan langkah-langkah yang ia tempuh dalam menganalisis data yang sudah terkumpul. Ada tiga tahap penting dalam analisi data, yaitu:
a. Identifikasi data / تحد دٌ الب اٌنات yakni memilih dan memilah data yang sudah terkumpul untuk mengambil data-data yang dianggap paling penting.
b. Klasifikasi Data / تصن فٌ الب اٌنات yakni mengkalisifikasi data yang sudah teridentifikasi ke dalam kelompok-kelompok sesuai focus penelitian.
c. Pemaparan dan pembahasan data/ عرض الب اٌنات ومناقشتها yakni memaparkan data-data tersebut dan membahasnya sesuai dengan teori yang dipakai.
6. Validasi Data / تصد قٌ الب اٌنات
Data yang sudah siap harus dilihat kembali validitas dan keabsahannya melalui beberapa langkah, antara lain:
a. Membaca kembali sumber darimana data diambil
b. Mencocokkan kembali antara sumber data dengan data yang sudah terkumpul, teridentifikasi dan terklasifikasi.
c. Mendiskusikannya dengan teman atau konsultasi dengan pembimbing.
7. Prosedur Penelitian / ثحبلا تاءارجإ
Disini peneliti menjelaskan secara runtun dan sistimatis langkah-langkah atau tahap-tahap penelitian yang ia lalui, karena sebuah penelitian harus jelas prosedurnya, terencana dan sistimatis. Secara umum ada tiga tahapan prosedur penelitian:
a. Tahap persiapan / مرحلة الاستعداد : disini peneliti menentukan focus dan obyek penelitiannya, menyusun rancangan penelitiannya, menentukan instrument penelitiannya, melakukan tinjauan pustaka dan pengkajian teori.
b. Tahap pelaksanaan / مرحلة التنف ذٌ : disini peneliti menetapkan sumber data, mengumpulkan data, menganalisisnya, dan menginterpretasikan hasil analisisbya.
c. Tahap penyelesaian / مرحلة الإنهاء : disini peneliti merampungkan laporan penelitian skripsinya, menggandakannya, maju ujian untuk mempertahankan skripsinya, merevisi skripsinya sesuai dengan hasil ujian.

الفصل الرابع
عرض الب اٌنات وتحل لٌها ومناقشتها /Paparan Data, analisis serta pembahasannya
Bab IV ini adalah inti atau rohnya skripsi/لب البحث . Disini peneliti melakukan tiga hal penting:
1. Memaparkan data-data yang berhasil ia temukan dalam penelitiannya
)عرض الب اٌنات الت تم جمعها أثناء البحث(
2. Menganalisis data-data tersebut
)تحل لٌ الب اٌنات(
3. Membahas data-data tersebut dengan mengaitkanya dengan teori yang sudah dikaji di bab II.
)مناقشة الب اٌنات بربطها بالنظر اٌت الت تم معالجتها ف الفصل الثان (ً
Untuk contoh skripsi dengan judul “unsur-unsur intrinsik dalam novel Aulad Haratina karya Naguib Mahfoudz” , tiga langkah tersebut dapat dilakukan misalnya dalam memaparkan, menganalisis serta membahas data tentang tokoh cerita sebagai salah satu unsur intrinsic dalam novel tersebut. Langkah-langkahnya seperti berikut:
1. Mengutip bagain-bagian novel “Aulad Haratina” yang memuat para tokoh atau pelaku cerita dengan berbagai ciri dan karakternya.
2. Menjelaskan para tokoh tersebut dari beberapa aspek, misalnya ,jumlahnya, jenis kelaminnya, usianya, prilakunya, perannya dalam cerita.
3. Membahas keberadaan mereka sebagai tokoh, dengan mengaitkannya dengan teori tentang Tokoh dalam karya sastra. Mislanya, tokoh adalah apa atau siapa saja yang menjadi pelaku dalam cerita.

الفصل الخامس
الخاتمة / Penutup
Pada bab V ini peneliti memaparkan kesimpulan dari penelitian skripsinya. Poin-poin kesimpulan harus sesuai dengan rumusan masalah / أسئلة البحثDengan kata lain, kesimpulan adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam rumusan masalah.
Selain kesimpulan, pada bab V penulis juga menyampaikan saran-sarannya kepada peneliti lain untuk meneliti tema yang sama tapi dengan pendekatan, metodologi, atau obyek yang berbeda.
المراجع / Daftar Pustaka
Disini peneliti menulis semua referensi yang telah ia jadikan rujukan dalam penelitian skripsinya, dengan system penulisan yang disepakati.
الملاحق / Lampiran
Disini peneliti melampirkan dokumen-dokumen penelitiannya. Misalnya untuk penelitian skripsi tentang salah satu puisi Abu Nuwas, peneliti harus melampirkan bait-bait puisi yang dikaji.__

Panduan Pembuatan Skripsi

Posted on

Monday, October 1, 2012